Kamis, 23 Februari 2017

Bisnis sebagai Pekerja Bebas (Freelance)





www.amikom.ac.id



OLEH:

NAMA: RIDWAN ISMAHMUDI ASIDIK

NPM: 16-02-9296 




ABSTRAK

Di zaman modern ini banyak sekali usaha atau bisnis yang bisa dikerjakan di rumah dan hanya bermodalkan laptop atau komputer yang terkoneksi dengan internet. Anda bisa mengunjungi suatu situs website yang menyediakan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan anda dan anda hanya perlu memilih pekerjaan yang anda inginkan. Kita dapat menyebutnya freelance (tenaga lepas atau pekerja lepas) adalah seseorang yang bekerja sendiri dan tidak berkomitmen kepada majikan dalam jangka waktu tertentu. Sesuai dengan pengertiannya pekerja bebas ini tidak mempunyai atasan. Mereka bekerja sesuai keinginan mereka dan tidak setiap hari mereka bekerja. Bisnis seperti ini cocok untuk mahasiswa seperti penulis (yang masih menempuh studi di Universitas Amikom Yogyakarta) yang ingin mencari tambahan uang saku.

ISI
Bekerja di perusahaan dengan gaji besar mungkin adalah pekerjaan yang menjanjikan abgi sebagian orang, namun bagaimana jika orang yang bekerja di perusahaan merasa tidak nyaman dengan pekerjaannya misalnya aturan yang ketat dan mempunyai pimpinan yang kurang pro dengan karyawannya yang kemudian menjadikan beberapa orang untuk memilih mengundurkan diri dari pekerjaannya tersebut. Setelah mengundurkan diri dari suatu perusahaan, banyak cara untuk mencari uang misalnya dengan mencari kerja di tempat lain, merintis usaha sendiri, atau bisa juga bekerja sebagai pekerja bebas. Pada kasus lain, mahasiswa yang notabennya belum mempunyai pekerjaan berkeinginan untuk meringankan pengeluaran orang tua dengan tidak meninggalkan kuliahnya. Mereka bisa saja mencari pekerjaan paruh waktu agar tidak menggangu kuliahnya tapi tidak semua mahasiswa mempunyai jadwal yang seimbang untuk bekerja dan kuliah. Alternatif pekerjaan yang dpt mereka lakukan adalah menjadi pekerja bebas. Pada era globalisasi seperti sekarang banyak website yang menyediakan pekerjaan untuk para pekerja bebas. Pekerjaan yang disediakan biasanya dapat dikerjakan di rumah ataupun  dimana saja. Dalam artikel ini penulis akan membahas tentang beberapa website yang menyediakan pekerjaan untuk pekerja bebas. Berikut ini adalah beberapa contoh website penyedia pekerjaan untuk pekerja bebas (freelance).
Freelancer.co.id
Situs yang pertama adalah freelancer.co.id, situs ini telah tersedia dalam berbagai bahasa dunia dan ratusan proyek setiap jamnya. Freelancer memiliki kategori terlengkap, jadi kita bisa membuat serinci mungkin keahlian yang kita punya.
Disarankan mampu berbahasa inggris minimal bisa menjawab pertanyaan menggunakan teks. Proyek dari luar negeri sangat banyak jadi akan lebih baik jika bisa berbahasa inggris. Metode pembayaran yang dapat dilakukan adalah kartu kredit, Skrill, dan PayPal.
Upwork.com

Berikutnya ada upwork.com, situs freelance ini pernah bekerjasama dengan Microsoft, Unilever, Panasonic, dan Cisco. Upwork berhasil memberikan 2,8 juta pekerjaan ke lebih dari 1,5 juta pekerja bebas-nya. Upwork menampilkan banyak proyek untuk berbagai bidang.

Upwork tidak tersedia dalam bahasa Indonesia, jadi anda harus memiliki kemampuan bahasa inggris yang cukup. Sistem kategorinya memisahkan antara proyek entry-level dengan proyek expert-level, sehingga memudahkan kita untuk mencari pekerjaan yang sesuai dengan tingkat kemampuan.

Guru.com

Guru.com memberikan informasi mendetail dan menawarkan kemudahan pengguna dalam pembuatan akun. Selain menawarkan pekerjaan, Guru.com juga menjadi pihak ketiga dalam pembayaran antara pemberi proyek dan pekerja lepas lewat sebuah fitur yang disebut sebagai SafePay. Pencairan uang yang kita dapat dapat dicairkan dalam bentuk direct deposit, PayPal, Prepaid MasterCard, atau wire transfer. Seperti upwork.com, Guru.com tidak memiliki versi Bahasa Indonesia.

Sribu.com

Sribu.com merupakan situs khusus untuk anda yang gemar dengan desain baik itu desain logo, baner iklan, kaos dan lain sebagainya. Khusus untuk para desainer wajib gabung di situs freelance terpercaya ini karena anda pasti di banjiri jobs yang lumayan untuk tambahan penghasilan.
Dan bagusnya adalah situs ini buatan anak negeri membuat anda lebih mudah dalam menyelesaikan jobs yang ada dan memudahkan anda juga dalam proses payout. Atau memudahkan anda dalam penarikan dana hasil kerja lepas anda (freelance).

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan
1. Dapat dilakukan di rumah atau dimanapun
2. Dapat bekerja sesuai kemampuan dan keinginan
3. Tidak terikat kontrak dengan majikan
4. Waktu kerja lebih fleksibel
5. Penghasilan lebih besar

Kekurangan
1. Frekuensi pekerjaan tidak menentu
2. Tidak mendapatkan asuransi kesehatan
3. Jika tidak hati-hati bisa tertipu sang pemberi kerja
4. Jam kerja bisa melebihi delapan jam


PENUTUP
Bekerja sebagai pekerja lepas adalah solusi untuk orang yang tidak suka bekerja di bawah perintah atasan. Jika dillihat memang terlihat lebih menjanjikan dibanding bekerja di kantor yang terkekang dan gajinya kecil. Namun juga perlu diperhatikan salah satu kerugiaan/kekurangan pekerja lepas ini yaitu jika tidak hati-hati bisa tertipu sang pemberi kerja contohnya tidak dibayar setelah melakukan pekerjaan ataupun upah yang diberikan tidak sesuai kesepakatan.

SEMOGA BERMANFAAT

Referensi:
http://www.mahasiswanews.com/2016/01/ini-7-situs-freelance-untuk-tambahan.html
https://www.klikmania.net/situs-freelance-terpercaya/
http://www.ruangfreelance.com/keuntungan-dan-kelemahan-bekerja-sebagai-freelancer/

1 komentar:

  1. Thanks infonya. Oiya ngomongin pekerja lepas, saya nemuin artikel keren nih yang ngebahas tentang cara cerdas mengatur uang bagi pekerja tipe tersebut. Cek di sini ya: Tips keuangan bagi pekerja lepas

    BalasHapus