Rabu, 22 Februari 2017

Memanfaatkan Media Sosial untuk Berbisnis





OLEH:

NAMA: RIDWAN ISMAHMUDI ASIDIK

NPM: 16-02-9296 


ABSTRAK

Dewasa ini media sosial bagaikan menjadi bagian dari setiap orang. Dengan adanya media sosial mereka dapat melakukan berbagai hal yang bermanfaat, namun jika tidak bijak dalam menggunakannya bisa sangat merugikan diri sendiri bahkan orang lain. Salah satu manfaat media sosial yaitu bisa menjadi ladang bisnis yang menjanjikan. Kita dapat mengiklankan produk bahkan kita bisa menjualnya melalui media sosial atau bisa juga media sosial yang kita miliki justru yang kita jual.
Dalam artikel ini penulis akan membahas bisnis apa yang dapat kita jalankan melalui media sosial. Kita dapat memanfaatkan media sosial untuk mengiklankan produk, menjual barang/jasa serta menjual akun media sosial itu sendiri. Peluang bisnis seperti ini bisa dilakukan oleh mahasiswa seperti penulis yang masih berstatus mahasiswa di Universitas AMIKOM Yogyakarta


ISI
 
Melihat perkembangan zaman yang serba digital memang tidak bisa dipungkiri bahwa manusia diuntungkan dengan hal itu tak terkecuali dalam berbisnis. Saat ini sangat banyak orang yang memanfaatkan media sosial sebagai sarana untuk mendapatkan keuntungan. Berikut adalah contohnya: 

  1. Mengiklankan Produk  Iklan menjadi salah satu faktor pendongkrak bagaimana produk yang kita jual bisa dikenal, diminati, dan menarik masyarakat untuk membeli produk yang kita tawarkan. Pengiklanan produk melalui media online atau media sosial lebih tepat untuk memperkenalkan toko, kedai, ataupun tempat usaha yang menyediakan produk dimana pelanggan untuk mendapatkan produk kita harus datang ke tempat usaha kita dan bisa jadi kita tidak menyediakan jasa antar produk kita tersebut. Kita bisa ambil contoh bisnis kuliner, tempat usaha kita tidak melayani pesanan melalui jalur online tidak juga menyediakan jasa antar pesanan maka kita harus mencari solusi bagaimana kita bisa menarik calon-calon pelanggan yang datang mengunjungi tempat usaha kita. Salah satu cara yang cukup efektif untuk menarik calon pelanggan yaitu dengan mengiklankan produk kita di media sosial. Pastikan iklan yang kita buat sangat menarik agar calon pembeli mau berkunjung ke tempat usaha kita.
  2. Menjual barang/jasa
    Tidak jauh berbeda dengan pembahasan tentang mengiklankan produk melalui sosial. Memanfaatkan media sosial sebagai sarana menjual barang/jasa ini lebih tepat sasaran apabila kita hendak menjual barang/jasa namun kita tidak benar-benar mempunyai tempat yang dapat dikunjungi calon pembeli. Sebagai contoh kita hendak menjual produk kaos. Kita bisa memroduksi kaos namun tidak memiliki toko untuk menjual kaos tersebut. Maka solusinya yaitu kita buat desain kaos kemudian iklankan di akun media sosial kita jika ada yang berminat dan memesan salah satu desain kaos. Maka baru kita produksi sesuai dengan pesanan pelanggan kita. Dan lebih baik lagi jika kita mengantarkan pesanan atau memakai jasa kurir agar produk kita bisa samapi ke tangan pembeli.
  3. Menjual akun media sosial
    Jika anda tidak memiliki produk untuk dijual dan memiliki akun media sosial, anda bisa memanfaatkan media sosial untuk mendapatkan uang. Caranya anda meng-upload konten yang bisa mendapatkan banyak respon dari teman anda. Jika anda mendapatkan banyak respon maka tim dari akun media sosial anda akan menghubungi anda dan akan membeli akun anda. Namun kadang sebagian orang memanfaatkan cara ini dengan tidak bijak dengan membuat konten yang menghujat orang lain yang akhirnya banyak respon negatif terhadap yang ia upload. Oleh karena itu anda harus bijak dalam memanfaatkan cara ini.


Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan
  1.  Dapat dilakukan dimana saja
  2.  Mudah dalam mengelola
  3.  Bisa dilakukan oleh mahasiswa 
Kekurangan
  1. Produk mudah ditiru orang lain dan mengatasnamakan milik kita
  2. Jika pelanggan tidak suka dengan produk kita, bisa jadi dia memberikan testimoni yang dapat menjatuhkan image produk kita
 
 
PENUTUP
 
Dengan adanya media sosial kehidupan manusia dapat menjadi lebih baik jika menggunakannya dengan bijak salah satunya yaitu seperti yang telah penulis bahas yaitu menjadi ladang bisnis. Hal yang perlu diperhatikan saat memanfaatkan media sosial sebagai alat untuk berbisnis yaitu pengelolaannya harus benar dan hati-hati karena media sosial di zaman sekarang bisa menguntungkan dan bisa merugikan sedikit maupun banyak orang.
 
 SEMOGA BERMANFAAT

Referensi:
http://www.sayamausehat.com/workplace/kelebihan-dan-kekurangan-pemasaran-di-sosial-media/ 

1 komentar:

  1. untuk memperingati Idul Fitri 1438 H, POKERAYAM memberikan anda kesempatan
    untuk merayakan dengan kami dengan tujuan merayakan dihari kemenangan
    Jangan lewatkan deposit 50 ribu mendapatkan extra credit 50
    berlaku Hanya berlaku 100 user id saja di tanggal 26-27 Juni 2017
    dan jangan lewatkan kesempatan berharga ini dengan kami
    Blogspot : https://pokerayampromolebaran.blogspot.com/
    Live Chat : https://goo.gl/5tD6ZL
    Bisa juga hubungi , info :
    BBM : D8E5205A

    BalasHapus